Share PDF

Search documents:
  Report this document  
    Download as PDF   
      Share on Facebook

PERANCANGAN APLIKASI E-COMMERCE PADA TOKO WINSEMBILAN

MENGGUNAKAN PHP DAN My SQL

Wiwin Listioningsih

Program Studi Sistem Informasi, STMIK Pringsewu

Email : wiwinlistioningsih14@yahoo.com

Abstrak

Media information is an important tool in the delivery of information in a variety of spheres. Whether in the commercial or non-commercial. The continued development of the media in informing the more quickly and accurately the information received and to be good when the understanding of the information. errors in understanding a lot of false information going menyababkan interpretation, so that the information can not form the basis for taking an action or a decision. In addition, as a function of service, data information systems to meet the demands of present management. Information system data is always better to tackle problems that occur and can result in information fast, precise, and accurate. Therefore, the authors intend to design an E-Commerce Application In winsembilan store by using the computer. This system helps the process of delivering information quickly and accurately to consumers so as to facilitate the sales process. This study is the Sales Information System Web-based outfit that developed online help system Data Flow Diagrams (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), Context Diagram, Flowchart and programming languages PHP and MySQL as the database.

Kata kunci : Sistem Informasi Penjualan pakaian, Toko Winsembilan

1

1. PENDAHULUAN

1.1Latar Belakang

Untuk Dalam era globalisasi saat ini pengetahuan tentang teknologi dan informasi mutlak diperlukan bagi setiap perusahaan. Untuk mengelola informasi dibutuhkan teknologi yang baik, karena informasi mempunyai nilai yang sangat besar bagi suatu perusahaan tersebut menjadi semakin berkembang. Toko Winsembilan merupakan Toko yang bergerak di bidang penjualan kaos sablon dan konveksi. selama ini informasi yang ada dan dilakukan perusahaan masih menggunakan cara manual dalam melakukan penjualan belum meggunakan Komputer. Informasi yang digunakan secara manual terkadang mempunyai masalah

dalam proses pengarsipan, karena beberapa faktor yang biasa dialami diantaranya: daya tahan penyimpanan, pencarian informasi yang lambat dll. Seiring kemajuan yang sangat pesat di bidang teknologi, terutama teknologi informasi komputer, mendorong munculnya inovasi baru dalam penyajian informasi untuk memenuhi kebutuhan informasi. Untuk mengatasi masalah di atas,

maka perlu informasi yang didistribusikan secara komputerisasi agar infomasi yang diberikan lebih akurat (dalam melakukan penjualan terhadap konsumen), efisien (dalam hal pengarsipan penggunaan kertas dan pemanfaatan tempat) dan cepat (dalam hal informasi guna pengambilan keputusan manajemen), bila dibandingkan dengan pengolahan data secara manual. Di samping sebagai salah satu fungsi pelayanan, sistem informasi data hadir untuk memenuhi tuntutan manajemen. Sistem

informasi data yang baik senantiasa dapat mengatasi masalah-masalah yang terjadi serta dapat menghasilkan.meningkatkan pelayanan kepada konsumen suatu bidang usaha penjualan harus inovatif dan selalu memberikan yang terbaik bagi konsumen. Inovatif dalam arti harus menjual produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen disamping itu barang-barang yang mengikuti perkembangan, kemudian selalu memberikan yang terbaik berarti memberikan banyak alternatif barang, dan kemudahan dalam bertransaksi.

2

Teknologi komputer berkembang sangat pesat dengan munculnya internet dimana komputer- komputer dapat saling terhubung membentuk jaringan yang sangat luas yang terdiri dari ribuan komputer diseluruh dunia. Siapapun yang mempunyai akses kedalam jaringannya dapat saling bertukar informasi berbagai macam bentuk data teks, gambar, suara, file dan sebagainya. Lebih dari itu jaringan ini dapat diakses selama

24 jam.

1.2Rumusan Masalah

Melihat latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana membuat sistem informasi penjualan baju berbasis web pada Toko “WINSEMBILAN”.

1.3Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah membangun sistem informasi penjualan pakaian sablon berbasis web yang dapat digunakan sebagai salah satu fasilitas penyajian informasi dan pemesanan barang bagi konsumen.

1.4Manfaat Penelitian

Sistem Informasi penjualan berbasis web ini merupakan suatu sistem penunjang penyampaian informasi dan penjualan pakaian secara online.

2. METODOLOGI PENELITIAN

2.1Metode Penelitian

Metode pengumpulan data dan informasi yang digunakan sebagai berikut :

2.1.1Studi Lapangan

Penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti langsung ke lapangan atau lokasi penelitian guna melihat secara langsung data-data yang berkaitan dengan took winsembilan.

2.1.2Studi Kepustakaan

Yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengambil data dari teori-teori yang bisa didapat dari buku-buku penunjang yang berhubungan dengan pusat penelitian.

2.1.3Internet

Yaitu pengumpulan data dan informasi yang didapat secara online untuk menambah

3

referensi dari penelitian yang di ambil.

2.1.4Analisa Data

Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis untuk mengembangkan sistem yang ada dengan tujuan memperoleh data agar hasil yang diperoleh dapat lebih menunjang lebih baik.

2.1.5Desain

Merancang dan mendesain suatu sistem untuk menyajikan serta menyampaikan suatu informasi.

2.2 Analisa Kebutuhan

2.2.1Kebutuhan Perangkat Keras

Untuk kebutuhan hardware, penulis menggunakan satu unit PC (Personal Komputer) dengan spesifikasi, Pentium IV 1.81 GHz, RAM 512 MB, HD 100 GB, Monitor 15 Inch.

2.2.2Kebutuhan Perangkat Lunak

Perangkat lunak yang digunakan untuk membangun sistem informasi penjualan ini terdiri dari :

a.Sistem operasi Windows 7

b.Macromedia Dreamweaver

c.Adobe Photoshop CS4

d.MySQL

e.Web server Apache

2.2.3Kebutuhan Antarmuka Pemakai

User berhubungan langsung dengan server melalui sebuah program yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP My SQL

2.2.4Kebutuhan Input

Kebutuhan input sistem informasi penjualan sebagai berikut :

a.Data lengkap profil Obyek penelitian

b.Data lengkap pakaian yang dijual sesuai jenis dan harga pakaian.

c.Data lengkap cara pembelian.

2.2.5Kebutuhan Output

Kebutuhan output dari sistem informasi penjualan sebagai berikut :

a.Informasi lengkap sejarah Toko Winsembilan, berita – berita terkait tentang pakaian yang dijual.

b.Informasi buku tamu

c.Informasi data pembeli atau pesanan barang.

d.Laporan penjualan pakaian

4

2.3Metode Perancangan

Sistem informasi penjualan berbasis web ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman web PHP serta database MySQL. Program ini berisi sub sistem mulai dari input data profil Toko, data barang yang dijual, cara pembelian dan komponen lain yang mendukung program sistem informasi penjualan.

Sistem informasi penjualan berbasis web Toko Winsembilan ini dibuat untuk bisa diakses semua kalangan masyarakat guna memperluas informasi dan meningkatkan efektifitas daya penjualan.

2.4Gambaran Umum Winsembilan

2.4.1Profil

Toko Winsembilan adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan pakaian khususnya pakaian jenis sablon di Harapan RT 11 RW 03 Kelurahan Pasar Madang Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus. Toko Winsembilan dikembangkan oleh Yusuf pada Agustus 2012. Toko Winsebilan menyediakan

Pakaian seperti Kaos, Switter, jaket, Sepatu.

2.4.2 Struktur Organisasi

 

 

 

PIMPINAN

 

 

 

YUSUF

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BENDAHARA

 

 

 

 

 

WIWIN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PRAJAHIT

 

 

 

PRASABLON

SISKA

 

 

 

SIDIK

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 3.1 Struktur organisasi Toko

Winsembilan

3. HASIL PENELITIAN

3.1Hasil Analisa Kebutuhan Masalah

Dalam sistem ini masalah yang diidahkan lebih kepada Informasi pakaian dan penjualan secara online agar lebih efektif. Dengan dirancang sistem informasi penjualan berbasis web yang digunakan pada Toko Winsembilan yang digunakan untuk memperluas Informasi dan meningkatkan Penjualan pakaian.

3.2Hasil Perancangan Sistem

Tahapan – tahapan yang diterapkan pada metode perancangan yaitu ;

5

3.2.1 Context Diagram

3.2.2 Data Flow Diagram

Keterangan Context

diagram di

bawah :

 

a.Pengunjung, seorang pembeli diberikan hak akses Informasi yang disediakan oleh sistem yang di bangun.

b.Administrator, seorang yang berhak melakukan input data barang atau informasi ke dalam sistem serta melakukan update jika terdapat penambahan data baru agar pengunjung mengetahuinya.

Gambar 3.1 Context Diagram Sistem

Gambar 3.2 Data Flow Diagram

Keterangan Data Flow Diagram di atas :

a.Proses Input

Administrator melakukan input data serta melakukan update jika terdapat penambahan atau perubahan data yang berkaitan dengan system website.

b.Proses Lihat

Pengunjung melihat semua Informasi yang disediakan sistem website winsembilan tanpa dapat mengubah isi conten.

3.3Implementasi Perangkat Lunak 3.3.1 Batasan Implementasi

Batasan implementasi ini ditinjau agar pengguna dapat mengakses dengan baik.

a.Segi hardware, PC (Personal Computer) dengan prosesor yang memiliki RAM minimal 64 MB.

b.Segi software, menggunakan browser yaitu aplikasi untuk melihat tampilan halaman web.

3.3.2Batasan Implementasi dari server

a.Segi hardware, PC (personal Computer) dengan prosessor

yang memiliki clock speed 1.8 GHZ dan RAM minimal 128 MB atau memiliki spesifikasi lebih baik.

b.Segi software, menggunakan sistem operasi Ms. Windows XP, Apache sebagai web server dan pemrograman script menggunakan PHP dan HTML.

3.3.3Implementasi

Implementasi merupakan tahap dimana sistem siap dioperasikan pada keadaan yang sebenarnya.

3.3.3.1Implementasi Database

Sistem informasi penjualan berbasis web ini menggunakan MySQL sebagai Database Management Sistem (DBMS). Diperlukan satu database yang yang menyimpan isi data-data winSembilan dengan nama dbwinsembilan serta table- tabelnya.

Berikut table-tabel database dbwinsembilan yang diperlukan dalam penyelesaian sistem informasi penjualan ini :

7

a.Table Berita

Table berita digunakan untuk menampung data-data yang berhubungan dengan berita- berita winsembilan.

b.Tabel Baju

Table baju digunakan untuk menampung data-data pakaian yang dijual secara lengkap.

c.Tabel Bukutamu

Table bukutamu digunakan untuk menampung isi komentar pengunjung.

d.Tabel Datawinsembilan

Tabel datawinsembilan digunakan untuk menampung data-data profil Toko Winsembilan

e.Tabel Admin

Table admin digunakan untuk menampung data username dan password administrator

3.3.3.2Implementasi Sistem Informasi Penjualan

Sistem informasi penjualan ini dibagi menjadi beberapa halaman. Berikut halaman yang ada pada sistem informasi Penjualan berbasis web :

a.Home

Home merupakan tampilan yang pertama kali dilihat oleh pengguna. Halaman ini terdapat produk produk yang dapat langsung dipesan oleh pengunjung.

b.Visi misi

Halaman visi misi berisi informasi visi misi Toko Winsembilan.

c.Sejarah

Halaman sejarah berisi informasi sejarah berdirinya Toko Winsembilan.

8

d.Struktur Organisasi

Halaman struktur organisasi berisi informasi struktur organisasi Toko Winsembilan.

4. PENUTUP

4.1Kesimpulan

Dari hasil penelitian, perancangan dan implementasi yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

a.Sistem informasi penjualan berbasis web ini dirancang sebagai solusi bagi pihak Toko Winsembilan untuk memperluas informasi dan meningkatkan penjualan.

b.Sistem informasi ini dibuat untuk umum, artinya siapapun berhak untuk mengakses

semua informasi yang ada pada Toko Winsembilan dan melakukan pembelian secara online.

4.2Saran

Dalam sistem ini disadari masih banyak kekurangan dan kelemahan, oleh karena itu untuk selanjutnya disarankan :

a.Sistem yang dibuat ini masih terbatas dalam proses informasi dan pembelian secara online. Selanjutnya diharapkan dapat menciptakan sebuah media komunikasi secara langsung antara admin dan pengunjung.

b.Lebih teliti dalam proses penginformasian jenis pakaian serta harga dari masing-masing jenis pakaian agar tidak terjadi kesalahan proses penjualan.

9

DAFTAR PUSTAKA

Bimo, Sunartrihantono, 2002. .“Definisi

Web ” Yogyakarta : Gava Media.

Third Edition. Yakub. 2008. Sistem Basis Data tutorial Database Sistems.

Kadir, Abdul. 2003 . Konsep dan Tuntutan Praktis Basis Data. Andi : Yogyakarta

Marlinda, Linda S.Kom. 2004. Sistem

Basis Data. ANDI : Yogyakarta

Munawar. 2005. Pemodelan Visual dengan UML. Graha Ilmu : Yogyakarta

10

11