Share PDF

Search documents:
  Report this document  
    Download as PDF   
      Share on Facebook

PROPOSAL PENGAJUAN JUDUL TUGAS AKHIR

MEMBANGUN SITUS WEB SEBAGAI MEDIA PROMOSI, INFORMASI DAN PEMASARAN UD. ARTHA SELAKSA CELLULAR

A. Latar Belakang Masalah

Maraknya penggunaan internet di seluruh kawasan dunia, memberi dampak yang luas bagi perkembangan infrastruktur yang mendukungnya. Pada tahun 1996, di Indonesia tercatat 5.262 host, ini berarti tumbuh sekitar 521% dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, pertumbuhan ini masih kecil bila dibandingkan dengan Malaysia, yaitu pada periode yang sama mencapai 686%. Di Singapura lebih kecil pertumbuhannya, cuma 368% dengan jumlah host yang jauh lebih banyak, yaitu 38.376 buah. Tahun 1996, Malaysia mempunyai 8.541 host, Hongkong 24.133 host, Jepang 496.427 host, dan Australia 397.460 host. Pertumbuhan sangat pesat terjadi di Cina, yaitu pada tahun yang sama mempunyai 11.282 host dengan pertumbuhan 1003%. Era informasi ini, akan mendukung berkembangnya teknologi pendukung jalur data, seperti perangkat keras, perangkat lunak dan teknologi jaringan. Dengan dukungan teknologi komputer dan infrastruktur tersebut, banyak hal yang dapat dilakukan di internet, contohnya berkembangnya transaksi elektronik yang disebut Electronic Commerce (EC) dan website yang dimanfaatkan oleh perusahaan, organisasi dan instansi tertentu untuk media promosi dan penyampaian informasi.

Dalam perusahaan atau organisasi, informasi merupakan hal yang sangat penting dalam pengambilan keputusan. Metode penyampaian informasi juga

merupakan salah satu penentu dari mutu informasi, karena informasi yang baik adalah informasi yang akurat, cepat dan terbaru (Up to date). Untuk menentukan metode yang tepat, maka harus dipertimbangkan kualitas dari metode tersebut, mampukah metode tersebut menyampaikan informasi sesuai yang diharapkan. Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, mestinya merupakan peluang yang baik bagi perusahaan, organisasi dan instansi untuk menjadikannya sebagai media penyampaian informasi, promosi dan pemasaran dengan jangkauan konsumen yang jauh lebih banyak, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga dapat menjangkau pasar internasional jika dibandingkan dengan cara manual yang hanya menjangkau pasar tertentu saja.

UD. Artha Selaksa Cellular merupakan salah satu usaha yang mempunyai pangsa pasar cukup luas, tetapi jika tidak ditunjang dengan sarana dan prasarana yang jauh lebih maju maka kesempatan untuk menjangkau yang lebih luas lagi akan jauh lebih sulit. Untuk menunjang proses pemasaran pada UD. Artha Selaksa Cellular, diperlukan sebuah sarana promosi dan pemasaran yang efektif, yaitu Website. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka tugas akhir ini berjudul “MEMBANGUN

SITUS WEB SEBAGAI MEDIA PROMOSI, INFORMASI DAN

PEMASARAN UD. ARTHA SELAKSA CELLULAR”.

B. Perumusan Masalah

Untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut, maka diperlukan metode yang bisa menyampaikan informasi secara cepat, akurat dan terbaru(Up to date) serta bisa di akses kapan saja dan dimana saja. Dalam hal ini, diusulkan metode penyampaian informasi menggunakan website. Sesuai dengan judul tersebut, maka perumusan masalah untuk UD. Artha Selaksa Cellular yaitu:

1.Dapatkah Website membantu dalam penyelesaian masalah ini?

2.Langkah-langkah apa yang ditempuh untuk membangun situs web ini?

3.Bagaimana dengan sistem keamanan atau sekuritasnya?

C. Batasan Masalah

Banyak hal yang bisa dimanfaatkan dengan perkembangan internet saat ini. Namun, dalam penyusunan Tugas Akhir ini permasalahan dibatasi sekitar pembuatan situs web interaktif mengenai informasi, promosi dan pemasaran UD. Artha Selaksa Cellular. Dalam membangun website ini, digunakan PHP, MySQL, Apache dan Macromedia Dreamweaver sebagai web editornya serta software-software pendukung lainnya. Data-data yang diolah meliputi: informasi terbaru UD. Artha Selaksa Cellular, daftar perdana, handphone dan seperangkatnya beserta harganya, profil UD. Artha Selaksa Cellular dan informasi lain yang dianggap penting.

D. Maksud dan Tujuan

Maksud diadakannya penelitian ini adalah sebagai syarat kelulusan untuk menyelesaikan Pendidikan program Strata 1 pada Sekolah Tinggi Tekhnologi Nurul Jadid Paiton.

Selain itu, penelitian ini mempunyai tujuan baik bagi penulis maupun bagi perusahaan, yaitu:

1.Bagi Penulis

a.Untuk menerapkan disiplin ilmu yang telah penulis dapat baik di dalam maupun di luar bangku kuliah.

b.Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komputer.

c.Memperoleh suatu pengalaman tentang pembuatan situs web yang interaktif dan informatif dengan menggunakan database berbasis website.

d.Untuk menambah wawasan secara nyata dari apa yang telah diteliti di lapangan khususnya tentang pemrograman internet.

2.Bagi Perusahaan

a.Sebagai bahan pertimbangan perusahaan terkait untuk menentukan kebijakan strategi pemasaran.

b.Sebagai pembanding antara sistem yang telah ada di perusahaan terkait dengan sistem baru yang diusulkan.

c.Sebagai salah satu alternatif solusi pemasaran dalam menyampaikan dan memberikan informasi kepada masyarakat.

d.Meningkatkan nilai promosi dan memperluas pangsa pasar.

D. Sistematika Penulisan

Laporan tugas akhir ini disusun secara sistematis ke dalam beberapa bab. Uraian bab perbabnya, antara lain:

Bab I Pendahuluan

Bab ini berisi latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan, metode pengumpulan data, sistematika penulisan, Rencana kegiatan dan daftar pustaka.

Bab II Dasar teori

Bab ini menguraikan masalah pengenalan sistem secara umum, perangkat lunak dan perangkat keras yang digunakan.

Bab III Tinjauan umum

Bab ini berisi tentang gambaran umum mengenai Penelitian dan Pengembangan Teknologi beserta hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan.

Bab IV Pembahasan

Bab ini memberikan penjelasan pembuatan website dan penjelasan program.

Bab V Penutup

Bab ini merupakan penutup dari tugas akhir yang berisi tentang kesimpulan dan saran.

Daftar pustaka

Lampiran